Thursday, July 3, 2008

trouble blinking

Prosedur pertama: coba cartridge dicabut trus tancepin lagi
kalok masih blinking, mungkin counter waste inkpad sudah maksimum (penuh)
Tanda: kalau printer seri C & R yang tidak ada LCD nya ditandai lampu kedap kedip bergantian (bukan barengan), kalau seri CX ditandai dengan lampu power, indikator tinta nyala bareng, kalau printer tipe RX dan CX yg ada LCD nya ditandai dengan tulisan service required, untuk tipe R250 ditandai dengan kode E-90 (yang artinya waste ink pad full). untuk beberapa tipe tertentu memang ada sedikit perbedaan.
tapi yang jelas dengan menggunakan adjustment programnya kita dapat dengan jelas melihat counter atau nilai dari waste ink pad nya.
caranya: cari software resetter/adjustment, coba di h(.)(.)p://indoreset.blogspot.com or printersiam or cari SSC Service Utility pakek gugel
Waste inkpad counter:
hitungan untuk waste inkpad sistemnya point jumlah yang akan bertambah terus, untuk r230 max point adalah 20.000 point, setiap tipe printer memiliki jumlah max point yg berbeda2.
cara hitungnya tergantung dari jumlah tinta yg keluar dari cartridge (andaikan tinta udah empty tetap terhitung) bukan berdasarkan jumlah lembar / kertas hal ini meliputi proses print dan head cleaning. tetapi penentuan jumlah point hanya pihak epson yg tau. hehehe...
sebagai ilustrasi, apabila kita pasangkan cartridge kosong (tanpa tinta) dan kita melakukan proses print dan head cleaning secara terus menerus, maka point akan bertambah terus.
begitu juga apabila kita melakukan proses on dan off printer secara terus menerus point akan bertambah terus, karena ketika kita menghidupkan printer dia akan melakukan proses "little head cleaning"


Sekedar info saja, untuk printer EPSON yang multifungsi tipe CX5500 merupakan printer yang kurang bagus, karena berdasarkan pengalaman saya dan beberapa teman, untuk pemasangan infus nya banyak mengalami trouble.


untuk r230 apabila ga bisa makan kertas, ada 2 faktor, faktor pertama cuman kotor aja dan faktor kedua roll besi nya memang habis.
untuk yg faktor pertama coba deh anda beli kontak cleaner, semprot pada semua bagian yg berhubungan dengan masuknya kertas. mulai dari roll besi, karet2 nya. untuk kontak kleaner kena circuit ngga masalah, jadi ngga usah takut. semprot aja langsung. pakai yg merk phillips yah. setelah disemprot anda tinggal test print berkali2. nanti akan kelihatan sekali hasilnya.
untuk permasalahan ke dua, anda mesti ganti roll lagi. tau kan letak roll besi?? roll besi itu dilapisi semacam lapisan warna hitam / abu2 dan agak kasar. apabila lapisan ini hilang maka akan keliatan dalamnya warna chrome. klo dah aus gini susah makan kertasnya jg. harga roll besi r230 sekitar 200 ribuan.

No comments: