Thursday, July 3, 2008

C 90

pembuangan c90
anda tinggal bongkar casingnya. coba analisa kait2 casingnya supaya bisa dilepas. jangan sampai pecah. untuk kaitnya depan ada 3. masing2 kiri tengah dan kanan. samping kiri dan samping kanan 1 kait. sebelum dilepas pastikan penahan paper digeser ke pojok kiri. setelah terlepas semua tinggal diangkat ke atas. setelah itu dibagian belakang ada selang yg mengarah ke busa putih. tinggal diambil dan disambungin aja dengan selang yg lebih besar atau lebih kecil. setelah itu casing ditutup lagi. selang yg sudah disambungin harus dikeluarkan, bisa lewat paper tray yg kanan. ada sedikit celah. klo ga mau ribet bisa melubangi casing belakang. selang tersebut tinggal disambungin ke botol pembuangan. jadi deh...
jangan lupa: Buang tinta buangan jika sudah ½ atau ¾ botol, kalok gak nanti bisa tersedot lagi



untuk infus C90 sejauh yang saya tau ada 3 tipe
1. infus dengan pancing, maksudnya pada cartridge infus ini kita harus memasang cartridge ORI epson yang belum empty sebagai pancingan. infus jenis ini sudah banyak ditinggalkan karena selain kita membutuhkan cartridge ori juga pengaturan selangnya sedikit lebih ribet, karena letak cartridge ori ini menumpang di atas cartridge infusnya. ada juga yg mengatakan infus gendongan. dan kelemahannya infus ini kalau tinta terdeteksi habis maka hal yg dilakukan adalah cabut cartridge infusnya dan tancepin lagi.

2. infus dengan model switch, pada infus model ini terdapat satu tombol yg berguna untuk mereset indikator tinta jika terdeteksi habis. infus ini sering sekali digunakan, karena ngga terlalu ribet dan harga yg terjangkau. kelemahan dari infus model ini adalah chipset pada setiap cartridge nya gabung jadi satu, jadi susahnya kalau printer anda urutan tintanya tidak sama dengan c90 maka tidak bisa digunakan, misalnya cx6900F (seperti yg pernah saya alami pada customer saya di daerah sumatra, saya tidak sadar kalau cx6900F urutan warna nya berbeda).

3. infus dengan cartridge independen, infus model ini adalah infus terbaik, karena setiap cartridge nya memiliki chipset sendiri2, jadi utk printer cx6900F misalnya, sudah bisa jalan karena tinggal pindah posisi saja. cuma n harga lebbih mahal dibanding kedua jenis infus di atas.

cartridge yg ada switchnya
begitu ink counter terdeteksi empty, tinggal pencet switch nya. prosesnya akan sama dengan pergantian cartridge, yaitu anda tinggal tekan tombol tinta dua kali (sambil menunggu head sampai berhenti proses baru dipencet lagi).

No comments: